Sedulur Papat Limo Pancer
Dalam pemikiran Jawa pengertian Sedulur Papat Limo
Pancer (Empat Saudara dan Yang Kelima Tengah) mempunyai pengertian yang
terus berkembang dari zaman pra-Islam hingga zaman Islam.
Pengertian asalnya adalah penyelarasan antara jagad kecil
(manusia-mikrokosmos) dengan jagad besar Alam Semesta (makrokosmos).
Saudara yang empat yang ada di jagad besar itu adalah empat kiblat yang
ada yaitu timur, selatan, barat dan utara. Ditambah saudara pancer yaitu
tengah dimana diri manusia itu berada.
Sedangkan empat saudara yang berkaitan dengan jagad kecil (manusia)
adalah apa-apa yang mengiringi kelahirannya. Mereka itu adalah kakang
kawah (air ketuban), adi ari-ari (plasenta), getih (darah) dan puser
(tali plasenta). Sedangkan yang kelima pancernya adalah diri manusianya
itu sendiri.
Dari pengertian asal ini kemudian berkembang dengan adanya pengaruh
agama Hindu. Sedulur papat (empat saudara) kemudian dimaknai selain
sebagai empat kiblat juga kemudian dimaknai sebagai unsur alam yang
menjadi pembentuk jasad manusia. Empat anasir ini adalah bumi/tanah,
air, api dan angin. Sedang yang kelima pancer adalah diri manusia itu
sendiri.
Bagi orang Jawa semua ’sedulur’ tadi harus diruwat, dirawat dan
dihormati dengan cara diselamati dengan ‘bancaan’ atau tumpengan. Mereka
semua dianggap ‘pamomong’ atau penjaga manusia. Biasanya penyebutan
untuk mereka dan sekalian untuk unsur-unsur alam semesta disebut dengan
“sedulurku sing lahir bareng sedino, sing ora lahir bareng sedino, sing
kerawatan lan sing ora kerawatan”. Artinya : “saudaraku yang lahir
bersamaan sehari denganku ( air ketuban, ari-ari, darah kelahiran, tali
plasenta,dan ruh/jiwa ), saudara yang tidak lahir bersamaan (unsur alam
semesta ), yang terawat maupun yang tidak terawat”.
Namun pengertian ini kemudian berkembang lagi dengan adanya pengaruh
agama islam. Oleh Kanjeng Sunan Kalijaga ( ?) kemudian ditambahkan
pengertian baru yang bernafaskan Islam. Yaitu empat saudara itu adalah
empat jenis nafsu manusia sedangkan yang kelima pancer adalah hati
nurani atau ‘alam rahsa / sirr’. Unsur empat nafsu adalah nafsu aluamah,
sufiyah, amarah dan muthmainah.
Nafsu aluamah berkaitan dengan insting dasar manusia. Yaitu keinginan
untuk makan, minum, berpakaian, bersenggama, dll. Dikatakan bahwa nafsu
aluama ini terjadi karena pengaruh unsur tanah yang menjadi unsur
pembentuk jasad manusia.
Nafsu sufiyah berkaitan dengan keinginan duniawi untuk dipuji, untuk
kaya, mendapat derajad dan pangkat, loba, tamak dll. Nafsu ini
berpadanan dengan sifat udara yang menjadi unsur pembentuk jasad. Sifat
dari udara adalah selalu ingin memenuhi ruang selagi ruang itu ada
(ruang kosong).
Nafsu amarah berkaitan dengan keinginan untuk mempertahankan harga diri,
rasa marah, emosi dll. Dikatakan nafsu ini mendapat pengaruh dari sifat
panas / api yang menjadi pembentuk jasad mansia.
Nafsu muthmainah adalah nafsu yang mengajak kearah kebaikan. Dikatakan
bahwa nafsu ini mendapat pengaruh sifat air yang juga menjadi pembentuk
jasad manusia.
Untuk penyebutan unsur kelima pancer ada bermacam-macam penafsiran. Ada
yang mengatakan Nur Muhammad, ada yang mengartikan sebagai ‘guru
sejati’, ada yang menyebut ‘roso jati sejatining roso’ (rasa sejati,
sejatinya rasa). Intinya saudara pancer yang kelima itu adalah unsur
’super ego’ yang menjadi sumber nilai bagi manusia. Dalam hal ini
penulis cenderung mengartikan sebagai “bashiroh” yaitu mata hati yang
bersumber dari kesejatian ‘min Ruhi’ yang dianugerahkan oleh ilahi.
Keempat nafsu yang ada harus ‘dirawat’, diatur, diseimbangkan dan harus
berjalan dibawah kendali akal dalam bimbingan hidayah ilahi. Itulah
makna dari ‘angaweruhi’ (merawat) sedulur papat limo pancer.
Namun bagi saya, pemaknaan yang konfrenhensif yang melibatkan
macam-macam pengertian yang ada itulah yang harus kita hayati. Yaitu
mengakui dan menyelaraskan diri kita (mikrokosmos) sebagai bagian dari
jagad besar (makrokosmos) dan sekaligus pengendalian diri kita atas
nafsu-nafsu kita dibawah akal dan dalam ‘pituduh’ (petunjuk / hidayah)
ilahi.
Salam
Slots, Video & Casino - DrmCD
BalasHapusWith over 300+ 경상남도 출장샵 games, including some 순천 출장마사지 video slots and video 과천 출장안마 poker, you're sure to find a favorite among 광주 출장안마 casino players for 고양 출장안마 a memorable night out.